KODE IKLAN DFP 1 Menakjubkan! Begini 9 Khasiat & Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan | Wisata Hati Ustad Yusuf Mansur

Translate

Menakjubkan! Begini 9 Khasiat & Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan

IKLAN 1
IKLAN 2

Sirsak dikenal sebagai tanaman buah. Seiring dengan penelitian, kini manfaat daun sirsak maupun bagian lainnya seperti buah, kulit batang dan akar populer sebagai tanaman obat.

Berbagai penelitian mengungkapkan bahwa khasiat daun sirsak terutama sebagai obat-obatan yakni memiliki kemampuan sebagai pembunuh alami sel kanker. Bahkan disinyalir, khasiat sirsak ini setara 10.000 kali lebih kuat dari kemoterapi.

Khasiat, Kegunaan dan Manfaat Daun Sirsak

Kami menulis artikel ini dalam rangka memberikan informasi mengenai manfaat daun sirsak bagi kesehatan, agar bisa dimanfaatkan oleh pembaca. Sirsak adalah tanaman tropis, memiliki daging buah yang berwarna putih susu, rasanya manis asam dan memiliki biji yang kecil. Selain memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, sirsak juga banyak mengandung mineral dan zat fitokimia yang bermanfaat untuk kesehatan.

  1. Obat Anti KANKER

  2. Sirsak memiliki kemampuan membunuh sel-sel jahat secara selektif. Hanya sel kanker yang dibunuh oleh zat aktif dari sirsak, sedang sel-sel sehat tetap dapatberkembang.

    Tidak seperti terapi kemo yang tidak bisa membedakan sel kanker dengan sel sehat yang ada di dalam tubuh. Sehingga ini berakibat bagi orang yang sedang menjalani kemoterapi menimbulkan efek negatif berupa rasa mual dan rambut rontok.

    Untuk menyembuhkan kanker, maka ambillah 10 lembar daun sirsak yang cukup tua. Kemudian bersihkan sampai bersih dengan air. Selanjutnya rebus dengan tiga gelas air, diamkan beberapa saat hingga mendidik sampai tersisa 1 gelas.

    Dinginkan air rebusan daun sirsak tersebut dan minum 2-3 kali sehari selama 1 minggu. Jika anda merasakan dampak yang lebih baik, maka bisa diteruskan untuk terus meminum rebusan daun sirsak tersebut.

  3. Daun Sirsak untuk Mengobati Diabetes

  4. Diabetes atau di masyarakat dikenal dengan nama KENCING manis adalah penyakit metabolik. Kencing manis biasanya ditandai dengan peningkatan kadar gula darah melebih batas normal.

    Salah satu tanaman herbal yang digunakan masyarakat untuk mengobati diabetes adalah daun sirsak. Manfaat daun sirsak sebagai obat kencing manis ini telah digunakan oleh masyarakat Serawak di Malaysia.

    Hal ini di uji cobakan oleh mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi mengenai pengaruh ekstrak daun sirsak terhadap kadar gula darah tikus wistar. Dan kesimpulan dan hasil penelitian tersebut membuktikan bahwa ekstrak daun sirsak dengan dosis 5.000 mg/kg mempunyai efek menurunkan kadar gula.

    Rebusan Daun Sirsak untuk Obati Diabetes
    Siapkan 20 lembar daun sirsak yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Cuci bersih dengan air. Kemudian masak lima gelas air putih hingga mendidih di dalam teko tertutup.

    Kurangi nyala api setelah air di dalam teko mendidih. Buka tutup teko kemudian masukkan 20 lembar daun sirsak tersebut.

    Masak daun sirsak selama 15 menit dengan api kecil agar tidak merusak senyawa penting di dalam daun sirsak.

    Diamkan kemudian saring rebusan daun sirsak tersebut. Air rebusan daun sirsak diap digunakan selama 1 HARI konsumsi. Minum dua kali sehari, pagi dan malam hari.

    Lakukan selama 2 minggu untuk melihat hasilnya. Lanjutkan membuat rebusan daun sirsak jika mengalami penurunan gula darah.

  5. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi / Hipertensi

  6. Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan salah satu penyakit TIDAK menular yang banyak diderita oleh masyarakat kita.

    Sebab pemicunya beraneka ragam, mulai dari faktor makanan, gaya hidup, stress, dan lain sebagainya. Dan menurut data kesehatan bahwa hipertensi yang diderita masyarakat cenderung mengalami peningkatan.

    manfaat daun sirsak untuk hipertensi dan asam urat

    Telah banyak penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa manfaat daun sirsak untuk hipertensi memang terbukti ampuh dalam menurunkan tekanan darah. Ini merupakan kabar gembira, sebab daun sirsak adalah obat alami yang dapat dijadikan sebagai pengobatan alternatif yang mudah, praktis dan relatif murah.

    Cara memanfaatkan daun sirsak sebagai obat penurun tekanan darah tinggi yakni dibuat seperti teh. Untuk diminum 2 kali sehari.

  1. Meredakan Nyeri dan Peradangan

  2. Daun sirsak memiliki kandungan flavonoid yang bisa digunakan sebagai anti inflamasi (peradangan, nyeri). Nyeri merupakan perasaan sensoris dan emosional yang tidak nyaman dan berkaitan dengan kerusakan jaringan.

    Nyeri pada salah satu anggota badan dianggap sebagai tanda atau isyarat tentang adanya gangguan di jaringan seperti peradangan, infeksi atau kejang otot. Dari sekian banyak tanaman obat, daun sirsak banyak dimanfaatkan secara tradisional untuk mengobati inflamasi seperti nyeri rematik dan atritis.

    Banyak jurnal penelitian yang telah dipublikasikan oleh mahasiswa dan perguruan tinggi yang ternyata membuktikan bahwa daun sirsak yang telah diekstrak memiliki efek inflamasi (anti peradangan). Kemudian disarankan dalam penelitian sebagai upaya untuk mengurangi nyeri semisal nyeri yang disebabkan oleh asam urat dengan menggunakan terapi herbal rebusan daun sirsak.

  3. Menyembuhkan Asam Urat

  4. Asam urat termasuk penyakit yang sering diderita oleh para lansia. Asam urat menyebabkan sakit yang biasanya tidak tertahankan pada persendian, seperti pada bagian lutut.

    Manfaat daun sirsak ini bisa digunakan sebagai alternatif untuk penyembuhan asam urat.

    Ambillah kurang lebih 6 sampai 10 lembar daun sirsak kemudian bersihkan dengan air. Kemudian daun sirsak tadi dipotong-potong dengan tujuan agar kandungan daun sirsak bisa keluar.

    Silahkan rebus dengan dua gelas air sampai mendidih. Biarkan rebusan daun sirsak itu mendidih hingga tersisa 1 gelas.  Minum ramuan tersebuah sehari 2 kali pada pagi dan malam hari.

  5. Menghilangkan Bisul

  6. Daun sirsak memiliki kandungan fitokimia annonaceous acetogenin yang merupakan agen akti anti bakteri. Khasiat daun sirsak ini mampu mengatasi infeksi yang disebabkan oleh bakteri seperti diare, bisul, ISPA dan infeksi saluran kemih.

    Ambillah 5 sampai 10 lembar daun sirsak yang cukup muda, tidak terlalu tua. Kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang terkena bisul sampai bisul tersebut menjadi kering.

  7. Mengobati Sakit Pinggang

  8. Daun sirsak juga dapat digunakan sebagai obat sakit pinggang. Siapkan 20 lembar daun sirsak. Kemudian rebus dalam 5 gelas air. Didihkan rebusan tadi hingga airnya tinggal 3 gelas. Setelah cukup dingin, diminum sekali sehari sebanyak 3/4 gelas.

  9. Menyembuhkan Eksim

  10. Eksim atau dermatitis adalah peradangan hebat yang menyebabkan pembentukan lepuh atau gelembung kecil pada kulit sehingga akhirnya pecah dan mengeluarkan cairan.

    Daun sirsak mengandung senyawa acetoginin (bulatacin, asimisin dan squamosin). Senyawa ini merupakan anti feedent yang membuat serangga atau hama tidak bergairah dan pada konsentrasi rendah dapat menjadi racun perut bagi serangga.

    Senyawa tersebut mampu menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit.

    Lakukan langkah-langkah berikut ini untuk menyembuhkan eksim dengan menggunakan daun sirsak.

    Tumbuk daun sirsak sampai halus. Kemudian tempelkan di bagian tubuh yang anda sakit yang diakibatkan oleh rematik atau eksim. Lakukan hal ini dengan teratur 2 kali dalam sehari.

  11. Meningkatkan Kekebalan Tubuh dan Menghindari Infeksi

  12. Daun sirsak memiliki pengaruh dalam meningkatkan sistem imun tubuh, seperti total eritrosit, total leukosit dan persentase limfosit dan monosit.

    Daya imun atau kekebalan tubuh yang meningkat dapat membuat manusia lebih tahan atau kebal dari serangan berbagai macam penyakit yang diakibatkan oleh bakteri dan virus. Terlebih lagi jika dikonsumsi pula buah sirsak yang sudah terkenal dengan kandungan vitamin C tinggi.

    Langkahnya, menyiapkan 4 atau 5 lembar daun sirsak. Kemudian rebus dengan menggunakan 4 gelas air. Biarkan mendidih sampai tersisa ramuan daun sirsak menjadi 1 gelas. Minumlah ramuan ini 1 kali sehari untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Penutup dan Saran

Dalam mengambil daun sirsak untuk direbus, maka ambil daun sirsak yang layak seperti bentuk yang mulus, tidak rusak secara fisik, bebas dari serangan hama, dan pilih daun yang berwarna hijau pekat serta hindari yan terlalu tua.

Ambil daun yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Daun terbaik yang dipanen adalah daun yang berada pada baris ke 4-6 dari pucuk. Lihat gambar di bawah ini.
khasiat dan cara merebus daun sirsak yang benar


Meminum ramuan daun sirsak biasanya akan menimbulkan efek perut terasa hangat, panas dan badan berkeringat. Daun sirsak yang digunakan sebagai obat alami atau obat herbal bukanlah obat instan. Biasanya pasien akan merasakan manfaat dari daun sirsak setelah rutin mengonsumsi selama 3-4 minggu.
HALAMAN SELANJUTNYA:

IKLAN 3
close
============> [ Close ] =============
KODE IKLAN DFP 2 >
KODE IKLAN DFP 2